-->

Sejarah Perkembangan Internet

Assalamualaikum wr.wb.


   Disini saya ingin kembali membuatkan ilmu seputar teknologi Sejarah Perkembangan Internet

                         

Halo sobat sahabat semua, bagaimana kabarnya baik baik aja kan, masih senang kan😂syukurlah.
Disini saya ingin kembali membuatkan ilmu seputar teknologi, di postingan saya sebelumnya, saya telah mempublikasikan, cara internet gratis, disini saya akan kembali memposting dengan judul Sejarah perkembangan internet, Sejarah Internet dimulai pada tahun 60-an, yaitu dikala Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melaksanakan penelitian wacana jaringan gelobal dan problem interoperabilitas.Selanjutnya, beberapa jadwal penelitian mulai dilakukan untuk melihat prosedur pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik.Salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut yakni teknik packet switching.Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil semoga lebih gampang ditangani dan lebih andal.Peneliti utama dalam pengembangan packet switching ini yakni Donald Davies(NPL), Paul Baran(RAND Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.


 Disini saya ingin kembali membuatkan ilmu seputar teknologi Sejarah Perkembangan Internet

Pada tahun 1969, Robert Taylor yang gres dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan info di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengiplementasikan inspirasi untuk menciptakan sistem jaringan yang saling terrhubung.Bersa Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22.30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213.





 Disini saya ingin kembali membuatkan ilmu seputar teknologi Sejarah Perkembangan Internet

 Selain jaringan untuk penelitian menyerupai ARPANET dari X.25 para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini yakni bagaimana supaya aneka macam jenis peralatan jaringan, menyerupai telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda sanggup berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengemangan tata cara komunikasi (protokol komunikasi) yang bisa melaksanakan internet working, sehingga banyak jaringan kecil sanggup saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar.

 Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol internet memungkinkan jaringan komputer dibangun memakai susukan fisik yang berbeda. Dalam bahasa sederhana, komputer yang terhubung memakai telepon, sanggup berkomunikasi dengan komputer yang terhubung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya internetwork (antarjaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “INTERNET”.

 Selain protokol internet, hal lain yang tak kalah penting dalam perkembangan internet yakni metode pengalamatan di internet. Jon Postel dari Information Science institute (ISI) di University of Southern California (USC) yakni orang yang sangat berjasa di balik aneka macam alokasi alamat IP internet, administrasi Domain Name System (DNS), tipe media, dan aneka macam alokasi nomor untuk tata cara komunakasi penting di internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola internet Asssined Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dan international Telecommunications Union (ITU) atas jasa-jasanya membangun internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

  Komersialisasi dan privatisasi internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan di izinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet memperlihatkan contoh komunikasi cepat memakai e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web. (sumber buku Intensif).
 Dan yang pada alhasil internet sudah merajalela dipakai di dunia ini, dengan segala rintangan yang dialami pada masa dibangunnya internet, kita hanya mengguanakannya dengan gampang tanpa mencicipi kesulitan pada masa pembuatannya, maka dari itu saya menyarankan kepada sobat teman, gunakan internet sebagai media yang bermanfaat positif, jangan dipakai secara sembarangan mengingat para pejuang internet dahulu membangunnya dengan proses yang rumit dan sangatlah lama.
Mungkin cukup sekian sobat sahabat ilmu yang saya berikan kali ini, ada kurang lebihnya saya mohon maaf. Dan jangan lupa untuk share ke sobat sahabat lainnya, dan jikalau ada pertanyaan wacana post ini, silakan ketikkan komen dibawah.

 Semoga Bermanfaat

 Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Sejarah Perkembangan Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel