-->

Cara Menulis Arab Di Android, Lengkap Dengan Harakat

Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup menulis arab di PC khususnya pada software Microsoft Word. Dan tak lengkap rasanya kalau saya tidak melengkapi artikel tersebut dengan artikel mengenai cara menulis arab di android dengan harakat yang akan saya sampaikan kali ini.

 Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup  Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat

Sebelumnya, kau niscaya pernah kan sanggup kiriman dari teman kau yang isinya ada goresan pena arabnya? Entah itu kalimat salam, penggalan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits, maupun kalimat teks arab lainnya. Tapi pernahkah juga kau berfikir bagaimana si saya sanggup menulis font arab di android juga? Jika iya pernah, maka simaklah tutorial pada artikel ini dan praktekkan.

Sebagai catatan, menulis text arab di android ini berlaku untuk semua jenis dan brand ponsel android. Dari mulai Android Jelly Bean hingga terbaru Android Oreo dan segala jenis brand android, semua sanggup mengikuti tutorial ini.

Cara Menulis Arab di Android dengan Harakat

1. Pasang Keyboard Android dengan Fitur Multi Bahasa

Sesuai dengan namanya, fitur multi bahasa sanggup memungkinkan kau untuk sanggup dengan bebas menambah bahasa keyboard pada android yang kau miliki. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu ponsel androidmu telah mempunyai keyboard dengan fitur multi bahasa atau belum. 

Hampir semua aplikasi keyboard android ketika ini telah mendukung fitur multi bahasa ini. Tentunya satu dengan yang lainnya mempunyai keunggulan yang berbeda-beda.

Namun dari sekian banyaknya aplikasi yang tersedia, saya lebih merekomendasikan menggunakan aplikasi Google Keyboard. Karena selain gratis, Google Keyboard ini merupakan salah satu aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh Google. Google Keyboard juga merupakan salah satu keyboard arab dengan harakat android.

 Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup  Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat

Biasanya Google Keyboard ini telah menjadi aplikasi bawaan pada setiap ponsel android. Namun, kalau di android kau tidak ada, di bawah ini telah saya sediakan link downloadnya. Dengan Google Keyboard ini, kau tidak harus lagi untuk download aplikasi goresan pena arab untuk hp android.

Download | Google Keyboard (Gratis)

Unduh dan install untuk meneruskan ke langkah selanjutnya.

2. Menambah Bahasa Arab di Google Keyboard Android

Langkah kedua dalam menulis arab di android ialah dengan menyetting dan menambah bahasa arab pada aplikasi Google Keyboard yang telah diinstall.

Caranya cukup mudah, pergi ke sajian Setelan >> Setelan perhiasan >> Bahasa & Masukan. Lihat gambar untuk lebih jelas.

 Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup  Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat

Pada Keyboard Saat Ini, akan ditampilkan beberapa aplikasi keyboard yang telah terinstall. Pastikan kau pilih Google Keyboard (Gboard). Setelah itu ketuk pada pilihan Gboard.

 Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup  Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat

Akan ditampilkan Setelan Keyboard Gboard. Disana terdapat beberapa sajian yang sanggup kau coba. Oleh alasannya ialah kita akan menambah bahasa, ketuk pada pilihan Bahasa.

 Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup  Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat

Terlihat disana saya hanya menggunakan Bahasa Indonesia, untuk itu ketuk Tambahkan Keyboard untuk menambah bahasa.

 Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup  Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat

Akan ditampilkan semua bahasa yang sanggup kau tambahkan. Cari dan pilihlah pada bahasa Arab.

 Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup  Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat
Terdapat dua pilihan bahasa Arab yang sanggup digunakan, yakni Arab dan Arab (Maroko). Pilih Arab biar lebih universal.

 Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup  Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat

Kemudian kau akan dialihkan pada setelan Tata letak. Kamu sanggup pilih mau menggunakan tipe On Screen Keyboard berupa papan tombol atau tulis tangan. Untuk pengetikan goresan pena Arab yang lebih mudah, pilih yang papan tombol dan sehabis itu ketuk Tambahkan.

 Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup  Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat

Selesai, maka daftar pilihan bahasa pada Gboard telah bertambah dengan bahasa Arab.

 Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup  Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat

3. Mengetik dan Menulis Text Arab

Tahap ketiga ini ialah inti dari pembahasan kita sekarang. Bukalah aplikasi mana yang akan kau gunakan untuk mengetik. Kamu sanggup menggunakan aplikasi Message, Whatsapp, dan lain-lain. Tak hanya itu, pada kotak update status media umum juga sanggup kau gunakan.

Kali ini saya mencontohkan cara menulis arab di whatsapp.

Untuk mengganti keyboard atau bahasa ke Arab, ketuk icon Globe atau tekan usang tombol spasi.

 Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup  Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat

Cobalah ketik sesuatu. Bisa berupa salam, ayat Al-Qur'an, atau yang lainnya. Cara menciptakan nama dengan goresan pena arab juga sanggup kau coba, ibarat yang saya contohkan di bawah ini.

 Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup  Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat

Jangan lupa berikan tanda spasi pada setiap kata yang telah sempurna.

4. Memberi Harakat

Dan terakhir dalam tutorial cara mengetik arab di android ialah memberi teks arab yang telah diketik tadi dengan harakat maupun tanda baca.

Caranya ketuk dan tahan tanda titik yang terletak di sebelah kanan spasi. Kemudian gulir pada harakat mana yang akan kau gunakan.

 Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup  Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat

Berilah semua aksara hijaiyah harakatnya masing-masing. Dan selesai. Untuk mengganti kembali bahasa Goolge Keyboard, ketuk simbol globe atau ketuk dan tahan tombol spasi.

 Pada artikel sebelumnya telah saya jelaskan cara bagaimana biar sanggup  Cara Menulis Arab di Android, Lengkap dengan Harakat

Baik, itulah artikel cara menulis arab di android dengan harakat yang sanggup saya sampaikan. Jika menurutmu artikel ini bermanfaat jangan sungkan untuk membagikannya ke yang lain.

Saya harap artikel ini sanggup membantu kau khususnya yang sedang tertarik dalam menulis arab di android. Kritik, saran, dan pertanyaan saya tunggu pada kolom komentar di bawah. Sekian dari saya dan terima kasih.

0 Response to "Cara Menulis Arab Di Android, Lengkap Dengan Harakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel